Bursa transfer musim dingin bulan Januari 2020 telah resmi dibuka, dan isu yang sedang hangat diperbincangkan adalah terkait masa depan bek tangguh Bayern Munchen, Jerome Boateng, telah berulang kali dikaitkan dengan klub kaya Premier League Inggris, Arsenal.

Banyak komentar terkait isu ini, dan banyak yang menyebutkan jika sang pemain akan benar-benar merapat ke London, Arsenal. Mencoba mencari keterangan langsung kepada pihak Munchen, sumber terpercaya mendapatkan kabar bahwa Hans Flick selaku dari pelatih sementara Munchen terlihat tidak terlalu khawatir dengan isu tersebut.

Boateng adalah salah satu aktor penting dalam kesuksesan Munchen di Allianz Arena pada tahun 2011 lalu. Resmi mendarat, posisinya sebagai pemain bertahan nyaris tidak pernah tergantikan dan menjadi satu icon besar klub Bundesliga Jerman tersebut.

Lambat musim, Boateng memperlihatkan penurunan performa, dan hal itu terjadi pada musim 2016. Musim inilah menjadi titik balik status Boateng di Munchen, dan catatan menjelaskan bahwa dia tak pernah bermain lebih dari 20 kali di ajang Bundesliga setiap musimnya.

Untuk musim 2019-2020 saja, Boateng baru mencatatkan sembilan kali bermain dari 17 pertandingan yang sudah dijalani Munchen di Bundesliga. Situasi ini membuat posisi Boateng terancam, karena Munchen lebih banyak memberikan kesempatan kepada pemain muda.

Boateng sudah masuk pada usia ke-31 tahun, kemungkinan klub besar melirik Boateng semakin mengecil. Beruntung baginya karena ada ketertarikan dari Arsenal yang sedang membutuhkan tambahan tenaga di sektor belakang. Dalam beberapa musim terakhir, gawang mereka seringkali menjadi bulan-bulanan gol dari peserta Premier League lainnya.

Situasi Arsenal inilah yang memunculkan spekulasi bahwa mereka menginginkan Boateng, namun Flick meyakini bahwa mantan pemain Manchester City itu tidak akan angkat kaki dari Allianz Arena di musim ini.

“Jerome adalah pemain Bayern Munchen dan saya tidak ingin membuat diri sendiri khawatir dengan rumor, itulah yang saya lakukan selama beberapa tahun terakhir,” ujar Flick kepada berita bola terbaru Bundesliga 2020.

Jika membedah situasi Boateng di Munchen, sang pelatih melihatnya sebagai sesuatu yang biasa karena tidak ada masalah serius. Atas dasar itulah mengapa dirinya percaya bahwa Boateng akan tetap berada di Allianz Arena.

“Jerome kembali ke latihan dengan penuh persiapan, dia berlatih sendiri saat liburan. Jadi, saya penasaran apa yang akan terjadi pada pekan depan. Inilah yang tidak ingin membuat diri sendiri khawatir dengan pemikiran soal dia akan meninggalkan klub atau tidak. Dia tak berkata apapun soal itu dan obrolan kami terus berlanjut,”

“Kami sudah memantau situasi sang pemain secara dekat, namun kami tidak bisa memberikan penjelasan lebih mendalam terkait apa yang akan terjadi [Boateng meninggalkan Bayern Munchen],” tutup Flick.