Manchester CityManchester City berlari sangat kencang di sepanjang musim ini. Namun demikian, bukan berarti Tottenham Hotspur tidak punya peluang menang di Etihad Stadium, pada hari Sabtu (16 Desember 2017) akhir pekan ini.

Manchester City baru saja mencetak sejarah baru di Premier League setelah menggulung Swansea City dengan skor telak 4 – 0. Kemenangan itu menandai kemenangan ke-15 berturut-turut, memecahkan rekor Arsenal (14 kemenangan berturut-turut) lebih dari satu dekade lalu.

Menghadapi tim yang sedang di atas angin, bukan alasan bagi Tottenham Hotspur untuk merasa gentar. Apalagi, tim London Utara ini punya rekor cukup oke di kandang City. Berikut adalah data dan fakta duel Manchester City kontra Tottenham Hotspur:

Manchester City tidak pernah menang dalam empat laga Premier League melawan Spurs (menang 0, seri 1, kalah 3), sejak laju empat kemenangan berturut-turut di sepanjang November 2013 dan Mei 2015.

Laju kemenangan Manchester City (15 pertandingan berturut-turut) masih berjarak empat kemenangan dari laju terbaik Josep Guardiola sebagai manajer di kompetisi liga. Guardiola pernah memenangi 19 pertandingan berturut-turut antara Oktober 2013 hingga Maret 2014 sebagai manajer Bayern Munchen di Bundesliga.

Sejak mencetak 10 gol dalam tujuh penampilan pertama di Premier League melawan Tottenham Hotspur, Sergio Aguero gagal mencetak gol di empat penampilan walaupun berhasil melepaskan tujuh percobaan ke arah gawang.

Sergio Aguero sudah berhasil mencetak 99 gol dalam 133 penampilan untuk Manchester City di Etihad Stadium di seluruh ajang kompetitif, dengan 70 gol di antaranya dibukukan di Premier League.

Sejak 2011-12, Sergio Aguero sudah berhasil mencetak 35 gol dalam 52 pertandingan Premier League melawan tim-tim enam besar, sebanyak 29% dari 119 gol Manchester City di pertandingan-pertandingan itu dalam periode tersebut.

David Silva telah terlibat di dalam 13 gol Premier league dalam 17 kali penampilan di musim ini (lima gol, delapan assist), sudah lebih banyak daripada sepanjang 2016/2017 (terlibat dalam 11 gol dalam 34 pertandingan).